• AGEN BOLA DAN SABUNG AYAM ONLINE

  • SUPPORT PALING OKE
  • PIN Blackberry Messenger PIN BBM: D3D535F9
  • ID Wechat ID Line WECHAT & LINE OKE303
  • Yahoo ID Messenger YM CS.OKE303
  • WhatsApp dan SMS WHATSAPP +85511811753
  • PIN Blackberry Messenger PIN BBM: D3D535F9
  • ID Wechat ID Line WECHAT & LINE OKE303
  • Yahoo ID Messenger YM CS.OKE303
  • WhatsApp dan SMS WHATSAPP +85511811753

Tips Merawat Luka Ayam Bangkok Setelah Bertarung

Published 25/04/2017 Tags: , , , , , , , , , ,

Tips merawat ayam aduan setelah bertarung - Bandar Sabung Ayam

Tips merawat ayam aduan setelah bertarung – Bandar Sabung Ayam

Bandar Sabung Ayam – Perawatan luka dan cara memelihara ayam bangkok setelah bertarung memang memerlukan penanganan serius karena ayam petarung pastinya akan mempunyai luka luar, dan mungkin saja luka dalam.

Biasanya luka dalam susah untuk di ketahui, ayam setelah diadu dan di rawat serius agar bisa dipersiapkan lagi pada pertarungan selanjutnya untuk beberapa minggu kedepan, tergantung masa pemulihannya, kondisi luka dan juga kelelahan dipulihkan secepatnya agar kembali sehat dan fit sama seperti sediakala.

Tips merawat ayam aduan setelah bertarung - Bandar Sabung Ayam

Tips merawat ayam aduan setelah bertarung – Bandar Sabung Ayam

nah, cara memelihara ayam bangkok setelah diadu adalah sebagai berikut:

Perawatan luka luar

  • Luka luar ayam bangkok dibersihkan dengan menggunakan antiseptik seperti revanol atau juga yodium dan obat merah atau betadin juga bisa,  bisa juga dibersihkan dengan minyak tanah atau bensin bisa dicoba abothil atau medisio yang sekarang lagi populer tetapi harganya cukup mahal Rp 30-40 ribu.
  • Jika luka ayam bangkok terus mengalir, hentikan dulu dengan memberikan bubuk kopi.
  • Jika luka terbuka cukup lebar karena kena taji atau sobek maka harus di jahit, jika tidak di jahit maka tidak akan kembali seperti semula lagi.
  • Kemudian semua permukaan luka diolesi dengan antibiotik alami atau obat antibiotik, gunanya mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi infeksi, bisa menggunakan antibiotik kapsul cair, kapsul bubuk, atau pasta salep seperti oxytetracycline atau gentamicine.
  • Antibiotik alami seperti kunyit banyak yang menggunakan parutan kunyit atau kunyit digiling dioleskan ke seluruh tubuh yang mungkin saja ada memar-memar kecil yang tidak terlihat, pada luka cukup parah pemberian salep atau kunyit diulang 2 kali sehari padi dan sore.
  • Untuk luka yang parah dan cukup dalam, misalnya bekas kena taji, suntikan antibiotik cair atau antibiotik amoxcilin yang dicairkan disekitar luka.

Perawatan luka dalam

Antibiotik yang umum digunakan adalah seperti amoxicilin diberikan (ditelankan) 1 tablet kepada ayam bangkok, tujuannya untuk menyembuhkan luka dalam dan mempercepat penyembuhan luka luar, bahan alami seperti parutan kunyit, jahe, dan gula merah dapat di berikan untuk menyehatkan tubuh dan juga mengantisipasi jika terjadi gangguan pencernaan seperti berak encer.

Perawatan paruh yang rusak

Bila paruh ayam bangkok goyang atau terlepas, maka pasang dan rapihkan kembali dengan mengikatkan benang ke jengger, tentunya sebelumnya dibersihkan dahulu dan diberi kunyit atau salep, bagaimanapun paruh asli tetap harus di pasang kembali, jika tidak maka paruh pengganti akan tumbuh menjadi tidak terarah dan bisa menjadi cacat bentuknya.

Perawatan mata

Jika mata ayam bangkok juga terkena taji, pukulan atau “siwer”, berikan cairan dari cabe yang berwarna merah, air dari cabe sangat perih, tetapi cepat menyembuhkan luka, bisa di double dengan pemberian salep antibiotik sperti oxytetracycline atau gentamicine.

Perawatan otot dan kaki

Sebelumnya jangan lupa untuk melemaskan seluruh otot-otot ayam petarung setelah di adu, mulai dari otot leher, sayap, sehingga otot paha dan kaki terutama bagian kaki perlu dilemaskan, karena jika tidak besok-besoknya akan di khawatirkan ayam petarung akan kaku berjalan, dan bisa muncul penyakit tedun atau turun urat, oleskan (tetapi jangan diurut) pada kaki dan paha bahan-bahan hangat untuk melancarkan peredaran darah misalnya parutan jahe, batang sereh, atau yang gampang pake Gpu atau Geliga.

Pemberian makan

Jika ayam bangkok belum juga mau makan secara normal, maka bantu dengan pemberian caran menggunakan spet yang ujungnya diberi selang kecil, atau cukup dengan suntikan yang jarumnya dilepaskan, cairan yang diberikan adalah larutan gula merah, sedikit susu cair jika memang ada, tambhakan multivitamin hari-hari berikutnya bisa diberikan makanan yang tergolong mudah dicerna dengan cara di lolohkan.

Penempatan di kandang

Lalu kandangkan ayam bangkok di tempat menyendiri agak jauh dari ayam jago lainnya jika perlu dekatkan dengan kandang ayam betina, untuk memancing gairah mental kelelakiannya yang secapa psikologis dapat mempercepat proses penyembuhan.

Demikianlah tips-tips cara memelihara atau merawat ayam bangkok setelah ayam petarung diadu.

Hot Promo Dari OKE303 klik disini!

Baca Juga :